Jadwal Kereta Api Pangrango

Jadwal Kereta Api Pangrango: Rute, Harga, dan Cara Membeli Tiket

Halo pembaca, apakah Anda sedang merencanakan liburan ke Puncak Bogor atau sekitarnya? Kalau iya, Rasanya tidak ada cara yang lebih mudah dan menyenangkan untuk sampai ke sana selain naik kereta api Pangrango. Jadwal kereta api Pangrango yang teratur dan harga tiket yang terjangkau membuatnya menjadi pilihan transportasi yang populer bagi para wisatawan. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai rute kereta api Pangrango, harga tiket, serta cara membeli tiketnya. Berikut informasi selengkapnya!

Jadwal Kereta Api Pangrango

Jadwal Keberangkatan Kereta Api Pangrango

Jadwal keberangkatan Kereta Api Pangrango adalah hal yang penting diketahui bagi para pengguna jasa transportasi kereta api. Kereta api Pangrango merupakan salah satu jenis kereta dengan rute Jakarta Kota – Bogor PP. Kereta api ini merupakan salah satu jenis kereta yang melayani jalur Bogor yang memiliki keistimewaan tersendiri. Berbeda dengan kereta yang lain, Pangrango lebih terkenal karena menempuh perjalanan melalui jalur yang penuh dengan pemandangan hijau alam.

Kereta api pangrango memberikan layanan transportasi kereta api untuk rute Jakarta Kota ke Bogor dengan jadwal keberangkatan yang teratur dan terpercaya. Jadwal kereta api Pangrango ini dirancang sedemikian rupa agar pengguna jasa transportasi kereta api dapat menjadwalkan perjalanan mereka dengan lebih mudah dan nyaman.

Pada hari biasa, kereta api Pangrango memiliki jadwal keberangkatan sebanyak 14 kali yang terdiri dari 7 kali keberangkatan dari Jakarta Kota dan 7 kali keberangkatan dari Bogor. Jadwal keberangkatan dari Jakarta Kota dimulai pada pukul 05.20 WIB dan terakhir pada pukul 19.45 WIB. Sementara itu, keberangkatan dari Bogor dimulai pada pukul 05.50 WIB dan terakhir pada pukul 20.15 WIB.

Untuk saat ini, di tengah pandemi Covid-19, kereta api Pangrango memiliki sedikit perubahan dalam jadwal keberangkatannya. Kereta api Pangrango hanya beroperasi pada waktu-waktu tertentu saja. Jadwal keberangkatan kereta api Pangrango di masa pandemi diantaranya pada pukul 05.00, 06.15, 08.30, 10.45, 12.00, 13.30, 15.45, 17.30, 18.45, dan terakhir pada pukul 20.15 WIB.

Untuk memastikan jadwal keberangkatan kereta api Pangrango, bisa diakses melalui situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) atau melalui aplikasi KAI Access. Dalam situs resmi dan aplikasi KAI Access, informasi mengenai jadwal keberangkatan terbaru serta rute kereta api dapat dilihat dengan mudah dan lengkap.

Untuk membeli tiket kereta api Pangrango, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu melalui loket stasiun, mesin tiket, dan juga secara online. Proses pembelian tiket secara online sangat mudah, cepat, dan jauh lebih praktis. Pengguna hanya perlu melakukan reservasi tiket secara online melalui situs resmi PT. Kereta Api Indonesia atau aplikasi KAI Access dengan memasukkan data pemesanan seperti jadwal keberangkatan, stasiun asal, tujuan, serta jumlah penumpang. Setelah itu, pengguna hanya perlu membayarkan tiket secara online dan tiket akan dikirim langsung ke alamat yang diberikan saat melakukan reservasi tiket.

Demikianlah jadwal keberangkatan kereta api Pangrango yang diberikan oleh PT. Kereta Api Indonesia. Dengan mengetahui jadwal ini, pengguna jasa transportasi kereta api bisa dengan mudah merencanakan perjalanannya. Kini pengguna jasa transportasi kereta api tidak perlu khawatir lagi ketinggalan kereta atau tidak mendapatkan tiket, karena pengguna dapat membeli tiket kereta api Pangrango secara online dengan mudah dan praktis.

Harga Tiket Kereta Api Pangrango

Kereta api Pangrango merupakan salah satu layanan transportasi kereta api yang dikhususkan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Sukabumi dan sebaliknya. Selain itu, kereta api ini juga melintasi beberapa stasiun di kawasan Kabupaten Bogor seperti Stasiun Cilebut, Stasiun Cibinong, Stasiun Bojong Gede, dan Stasiun Citayam. Berikut adalah informasi mengenai harga tiket Kereta Api Pangrango:

BACA JUGA :   Jadwal Kereta Api Kertajaya

1. Harga Tiket Kereta Api Pangrango Kelas Ekonomi
Bagi para penumpang yang ingin menikmati perjalanan dengan harga terjangkau, dapat memilih layanan Kelas Ekonomi pada kereta api Pangrango. Harga tiket Kereta Api Pangrango Kelas Ekonomi untuk rute Bogor-Sukabumi atau Sukabumi-Bogor adalah Rp 25.000,- (per satu arah). Namun, harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari PT Kereta Api Indonesia.

2. Harga Tiket Kereta Api Pangrango Kelas Bisnis
Untuk penumpang yang menginginkan kelas yang lebih nyaman, dapat memilih layanan Kelas Bisnis pada kereta api Pangrango. Kelas Bisnis menawarkan fasilitas yang lebih lengkap seperti AC, kursi yang lebih lapang dan nyaman. Harga tiket Kereta Api Pangrango Kelas Bisnis untuk rute Bogor-Sukabumi atau Sukabumi-Bogor adalah Rp 70.000,- (per satu arah).

3. Harga Tiket Kereta Api Pangrango Kelas Eksekutif
Bagi penumpang yang ingin menikmati perjalanan dengan kelas yang paling nyaman, dapat memilih layanan Kelas Eksekutif pada kereta api Pangrango. Kelas Eksekutif menawarkan fasilitas yang lebih lengkap seperti AC, tempat duduk yang lebih luas dan nyaman, dan makanan serta minuman selama perjalanan. Harga tiket Kereta Api Pangrango Kelas Eksekutif untuk rute Bogor-Sukabumi atau Sukabumi-Bogor adalah Rp 100.000,- (per satu arah).

Dengan adanya tiga jenis kelas yang ditawarkan oleh Kereta Api Pangrango, para penumpang dapat memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Penting bagi para penumpang untuk membeli tiket dengan cara yang aman dan tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membeli tiket di loket resmi PT Kereta Api Indonesia maupun melalui aplikasi pemesanan tiket kereta api yang terpercaya. Selamat menikmati perjalanan dengan Kereta Api Pangrango!

Fasilitas Kereta Api Pangrango

Kereta Api Pangrango adalah salah satu kereta api yang populer di Indonesia karena rute perjalanan yang menyajikan pemandangan alam yang indah. Selain rute perjalanan yang menarik, Kereta Api Pangrango juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan para penumpang dalam perjalanan mereka.

1. Tempat Duduk yang Nyaman

Fasilitas pertama yang menjadi daya tarik bagi para penumpang Kereta Api Pangrango adalah tempat duduk yang nyaman. Setiap gerbong dilengkapi dengan kursi yang dirancang secara ergonomis sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang. Selain itu, setiap kursi memiliki sandaran tangan dan meja, serta dilengkapi dengan fasilitas pengaturan posisi duduk yang dapat disesuaikan dengan keinginan penumpang.

2. AC dan Toilet

Kereta Api Pangrango dilengkapi dengan AC yang melakukan sirkulasi udara sehingga udara di dalam gerbong menjadi segar dan menyegarkan. Selain AC, setiap gerbong juga dilengkapi dengan toilet yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan dasar para penumpang seperti buang air kecil dan buang air besar.

3. Fasilitas Hiburan

Berbicara mengenai fasilitas Kereta Api Pangrango, yang tidak boleh kita lewatkan adalah fasilitas hiburan yang disediakan untuk para penumpang. Setiap gerbong dilengkapi dengan fasilitas hiburan berupa TV LCD yang menampilkan film atau acara televisi. Selain itu, setiap penumpang juga bisa mendengarkan musik melalui fasilitas audio yang tersedia.

Tidak hanya itu, untuk memastikan para penumpang semakin terhibur selama perjalanan, Kereta Api Pangrango juga menyediakan layanan Wi-Fi gratis untuk seluruh penumpang. Dengan layanan ini, para penumpang bisa menjelajahi internet, memperbarui status di media sosial, bermain game online, atau melakukan apapun yang mereka suka.

BACA JUGA :   Jadwal Kereta Api Taksaka

4. Makanan dan Minuman

Di dalam Kereta Api Pangrango, setiap penumpang juga bisa menikmati makanan dan minuman selama perjalanan. Tersedia berbagai macam makanan dan minuman yang dijual di gerbong makanan Kereta Api Pangrango. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, hingga minuman kopi dan teh. Banyaknya pilihan yang tersedia membuat para penumpang tidak akan merasa bosan dengan makanan dan minuman yang disediakan selama perjalanan.

Demikianlah beberapa fasilitas yang disediakan Kereta Api Pangrango untuk meningkatkan kenyamanan para penumpang selama perjalanan. Dengan semakin banyaknya fasilitas yang tersedia, diharapkan para penumpang merasa semakin nyaman dan senang mengikuti perjalanan dengan Kereta Api Pangrango.

Rute Perjalanan Kereta Api Pangrango

Kereta api Pangrango adalah salah satu kereta api yang selalu ramai di Indonesia, terutama bagi mereka yang ingin berwisata ke daerah Bandung dan sekitarnya. Dalam mengunjungi daerah Bandung, kereta api Pangrango menjadi pilihan yang tepat karena selain harganya yang terjangkau, juga memiliki jadwal yang cukup fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggannya.

Secara umum, rute perjalanan kereta api Pangrango mencakup perjalanan dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Sukabumi. Selama perjalanan, maka kereta akan melintasi beberapa stasiun besar seperti Stasiun Bekasi, Stasiun Karawang, Stasiun Cikampek dan Stasiun Purwakarta.

Terkait waktu tempuh, perjalanan menggunakan kereta api Pangrango memakan waktu sekitar tiga jam. Dua jam pertama digunakan untuk perjalanan menuju stasiun Sukabumi, dan satu jam terakhir digunakan untuk perjalanan dari stasiun menuju tempat tujuan wisata atau hotel.

Rute Stasiun Jakarta Kota – Stasiun Sukabumi

Perjalanan menggunakan kereta api Pangrango dimulai dari Stasiun Jakarta Kota. Ada beberapa pilihan waktu keberangkatan yang tersedia, yaitu pagi hari, sore hari dan malam hari. Masing-masing memiliki jadwal yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan pengguna jasa.

Setelah berangkat dari Stasiun Jakarta Kota, kereta akan melintasi beberapa stasiun besar seperti Stasiun Bekasi, Stasiun Karawang, dan Stasiun Cikampek. Di beberapa stasiun tersebut penumpang dapat menikmati pemandangan indah dan menikmati makanan khas setempat.

Setelah melewati beberapa stasiun besar, kereta api Pangrango akhirnya tiba di Stasiun Purwakarta. Setelah singgah di Stasiun Purwakarta, maka kereta akan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Sukabumi.

Rute Stasiun Sukabumi – Tempat Tujuan (Wisata/Hotel)

Sesampainya di Stasiun Sukabumi, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan. Perjalanan dari Stasiun Sukabumi menuju tempat tujuan dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan umum seperti taksi atau angkutan umum. Pengguna jasa kereta api Pangrango juga dapat memanfaatkan layanan penyewaan mobil atau travel yang tersedia di sekitar stasiun.

Dalam perjalanan dari Stasiun Sukabumi menuju tempat tujuan, pengunjung akan melewati beberapa lokasi wisata yang populer di daerah Bandung dan sekitarnya. Beberapa di antaranya adalah Taman Wisata Gunung Batu, Taman Wisata Curug Cimahi, Kampung Gajah Wonderland, dan Kawah Putih Ciwidey.

Bagi mereka yang ingin menginap di daerah Bandung dan sekitarnya, terdapat banyak hotel yang tersedia dekat dengan tempat-tempat wisata tersebut. Beberapa hotel yang populer di kawasan wisata Bandung antara lain Harris Hotel and Convention, Grand Royal Panghegar, Sheraton Bandung, dan Novotel Bandung.

Harga Tiket Kereta Api Pangrango

Untuk menikmati perjalanan menggunakan kereta api Pangrango, pengunjung harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket kereta api Pangrango bervariasi, tergantung dari kelas yang dipilih dan jarak tempuh dari stasiun asal ke stasiun tujuan.

Untuk kelas ekonomi, harga tiket kereta api Pangrango berkisar antara 15.000 – 25.000 rupiah. Sedangkan, untuk kelas premium dan eksklusif, harga tiketnya lebih mahal, berkisar antara 50.000 – 100.000 rupiah. Harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI).

BACA JUGA :   Jadwal Kereta Api Ranggajati

Demikianlah ulasan mengenai rute perjalanan kereta api Pangrango. Mudah-mudahan dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin berwisata ke daerah Bandung dan sekitarnya.

Tips Berpergian dengan Kereta Api Pangrango

Para traveler yang senang menjelajahi keindahan Indonesia pastinya tidak usah meragukan lagi akan keindahan alam yang ada di daerah Selatan Bogor, yaitu Pacet. Daerah yang cukup populer di kalangan wisatawan domestik ini memiliki destinasi wisata menarik, seperti air terjun, pemandian air panas, hingga perkebunan teh yang menakjubkan. Bagi kalian yang ingin mengunjungi tempat ini, Jadwal Kereta Api Pangrango bisa menjadi salah satu pilihan yang memadai. Kereta api ini memiliki jadwal yang cukup fleksibel dan juga nyaman, tetapi kalian perlu memperhatikan beberapa tips berikut untuk berpergian dengan kereta api Pangrango.

1. Membeli Tiket Sebelumnya

Tips pertama ini sangat wajib kalian perhatikan, yaitu membeli tiket kereta api sebelum tanggal keberangkatan. Sudah menjadi rahasia umum jika Tiket kereta Pangrango seringkali cepat habis karena jumlah penumpang yang ingin berpergian melebihi kapasitas kereta. Oleh karena itu, sebaiknya membeli tiket secepat mungkin, agar kalian tidak kehabisan seat dan terpaksa harus membeli tiket pada hari keberangkatan, yang harganya lebih mahal.

2. Persiapkan Kebutuhan dan Perlengkapan Pribadi

Tips kedua ini berkaitan dengan persiapan diri sebelum perjalanan. Pertama, pastikan kalian membawa air minum dan makanan ringan selama perjalanan kereta api, karena pada kondisi tertentu para penjual makanan tidak tersedia di dalam kereta. Kedua, pastikan juga kalian sudah mengenakan pakaian yang nyaman dan cocok dengan situasi sekitar, serta membawa perlengkapan pribadi seperti tisu, hand sanitizer, dan alat bantu tidur apabila diperlukan. Pastikan juga kalian membawa handphone dan charger, untuk mengisi daya baterai handphone sepanjang perjalanan.

3. Waktu Kedatangan ke Stasiun

Tips ketiga ini sebenarnya sifatnya fleksibel, tidak terlalu penting, tetapi sebaiknya kalian datang di stasiun keberangkatan minimal 30 menit sebelum jam keberangkatan kereta api. Hal ini dilakukan agar kalian mempunyai waktu yang cukup untuk menuju peron dan juga membayar tiket apabila belum membelinya secara online atau melalui mesin tiket otomatis yang ada

4. Perhatikan Posisi dan Kursi Penumpang

Setelah memperoleh tiket kereta api, perhatikan posisi dan tempat duduk, untuk menghindari kebingungan dan memudahkan saat memasuki kereta api. Sesampainya di kereta api, pastikan juga kalian mengambil tempat duduk yang tertulis pada tiket kalian. Jangan memilih tempat duduk yang di tempati penumpang lain, atau memilih kursi yang belum terisi, karena nanti kerugian akan kalian alami sendiri, apabila ada penumpang lain yang memiliki tiket yang sama dengan kalian.

5. Nikmati Perjalanan Dengan Bijak

Perjalanan kereta api Pangrango sangat nyaman dan sejuk, karena rute keretanya melewati jalur yang tidak terlalu padat. Ketika kalian menikmati pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan, jangan lupa bersikap bijak dan menghargai lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan, atau merusak lingkungan sekitar. Lihatlah pemandangan dengan bijak, dan ciptakan kesan yang baik tentang pariwisata Indonesia bagi semua orang.

Dengan mengikuti tips berpergian dengan kereta api Pangrango di atas, maka para wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan Pacet dan sekitarnya dengan nyaman bisa lebih siap dan terhindar dari beberapa kerugian selama perjalanan. Semoga tips di atas membantu, dan selamat menikmati perjalanan kalian!